Minggu, 15 Maret 2015

Kebudayaan kalimantan selatan

Kalimantan Selatan adalah daerah dimana keluarga besar saya dilahirkan, meskipun saya sendiri tidak dilahirkan di daerah tersebut akan tetapi saya sedikit banyak mengetahui tentang daerah yang menjadi darah keturunan keluarga kami.

dalam sistem kekerabatan daerah kalimantan selatan (banjarmasin) pada umumnya sama dengan suku lain.  Masyarakat suku banjarmasin mengenal istilah BUBUHAN yang dimaksud dengan istilah bubuhan dalam masyarakat banjar adalah kelompok kekerabatan yang merupakan kumpulan dari keluarga batih yang merupakan satu kesatuan.

dan beberapa yang saya ketahui tentang budaya kalimantan selatan adalah :
1. Rumah adat

ini adalah contoh dari salah satu rumah adat di banjarmasin, yang dinamakan RUMAH BANJAR BUBUNGAN TINGGI.

2. Pakaian Adat 


pakaian ini sering kali juga dipakai sebagai pakaian pernikahan adat dikeluarga saya

3. Senjata Adat kalimantan disebut MANDAU 

dari setiap keluarga besar saya punya salah satu dari ciri mandau tesebut

4. Lagu daerah
    a. Sapu Tangan Bapucu Ampat
    b. Ampar Ampar Pisang.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar